NYAMANNYA SEGUI, PANTAI PINK KE-2

Siapa bilang jika di Lombok hanya satu pantai berpasir merah muda, yakni hanya Pantai Tangsi, atau yang akrab dipanggil pantai Pink. Anggapan tersebut tentu saja salah besar, salah banget teman-teman. Jadi tidak salah jika teman-teman membaca artikel dibawah ini, yang mengupas tentang satu lagi pantai berpasir merah muda di pulau Lombok.

Terdapat masih di kawasan Desa Sekaroh kecamtan Jrowaru, dan berada sekitar tiga kilometer dari pantai Pink, Pantai Segui hadir sebagai destinasi wisata alternatif, ketika kalian merasa pantai Pink sudah terlaru ramai bagi kalian. ya, terlebih bagi seorang penyendiri seperti saya, saya akan memilih pantai ini. Dengan keindahan yang sama, tentu saja Segui menjadi pilihan yang pas.

Sama seperti Pantai Pink atau Pantai tangsi, keberadaan Segui  pun jauh dari keramaian, dan membutukhan perjuangan ekstra keras untuk menempuhnya. Setelah menempuh perjalanan mulus dari Mataram hingga desa Pemongkong, atau dari Selong Lombok Timur ke Keruak, Jrowaru hingga Desa Pemongkong (saya yakin teman-teman tahu jalur yang saya sebutkan tadi), kita akan menemui jalan luarbiasa bikin kesel, ketika memasuki desa Sekaroh, yang hingga sekarang masih dalam kondisi rusak parah. Namun jangan khawatir, karena sekarang kalian bisa melewati jalur laut untuk menuju ketempat ini, tepatnya melalui Pelabuhan terelong-elong, maupun Pelabuhan Tanjung Luar, desa Tanjung Luar kecamatan Keruak. Para penyediasa jasa perjalanan disana akan menyiapkan Sampan dengan penumpang 8-12 orang. Wisatawan pun cukup merogoh kocek Rp 700.000,- sampai Rp 1.000.000,- tergantung seberapa banyak rombongan yang dibawa. Selain Segui kalian juga akan diajak ke berbagai lokasi wisata tidak kalah keren lainnya di wilayah selatan.

Lanjut jika kalian melewati jalur darat, sebelum tiba di pantai Pink maupun Segui, kita akan menemui pertigaan di kawasan Hutan Sekaroh. disana sudah ada palang pintu, hingga pos jaga yang dijaga masyarakat hingga para petugas keamanan.Nah, disana terdapat pertigaan, yag jika lurus ke pantai Pink, dan belok kiri ke Tanjung Segui. Maka pilihlah jalan ke kiri. sekitar 1,5 km jalanan rusak, berbatu, berlobang, dan ber-ber lainnya akan kalian temui. Suasanan disinipun masih terasa sepi, karena jalur laut lebih disukai oleh  wisatawan. Namun saya anggap ini tantangan.

Beberapa puluh meter sebelum nyampe pantai, akan ada pos jaga TNI AL. Usai melewati pos kita akan menemui jalan tanah menuju pantai. Ambil jalan tersebut dan "VOILA" pemandangan pantai segui akan langsung terpampar di depan kita.

Tiba di destinasi wisata ini, kalian akan langsung disuguhkan pesona pantai yang begitu memikat. Rasa letih dari perjalanan yang cukup melelahkan dipastika terbayar, dengan landscape yang disajikan. pasir berwarna merah muda saat diterpa sinar matahari serta kodisi pantai yang landai dengan air laut yang jernih membuat pantai Segui nampak seperti "The Hidden Paradise" di pelosok Desa Sekaroh.

Momentum ini tuentu saja dimanfaatkan para wisatawan yang berkunjung untuk bermain pasir pantai, berenang di tengah jernihnya laut Lombok Selatan, berpoto ria, hingga menikmati suasana tenang Pantai Segui.

Selain itu, kondisi terumbu karang yang masih baik, membuat perairan pantai Segui menjadi tempat yang cocok untuk melakukan olahrag diving. Sayangnya saya datang hanya untuk menikmati suasana tenang pantai ini.

Sejumlah wisatawan yang saya temui disini pun, mengakui jika pantai Segui sangat keren, meski cuaca terasa sangat panas. Ya, pada dasarnya Pantai di kawasan Lombok semuanya akan sangat terasa panas sekali.

Tentu saja, keindahan pantai segui ini patut mendapat mendapat perhatian dari pemerintah. Keberadaan Pantai Segui, tentu menambah daftar kekayaan potensi wisata bahari di Lombok Timur, dan NTB secara keseluruhan. Bagi saya pribadi, jika Segui mampu dikembangkan, dengan pengelolaan dan promosi yang baik, dikemudian hari Pantai ini akan menjadi magnet, yang banya menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selamat Berlibur Ria, jaga kebersihan, jaga keamanan, dan jaga kenyamanan ya teman.


Pantai Segui

Kapal Nelayan Bersandar Membawa Wisatawan

Jalan menuju Segui

Bermain Di Segui

Pasir Pink Segui Nampak Jelas Di Sore Hari (no edit)

Comments

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK