USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

Usai bencana, lahir pesona. Kata-kata tersebut pas sekali disematkan kepada lahirnya bendungan Rante Mas yang terletak di bawah bukit Anak Dara, Desa Sembalun Lawang, kecamatan Sembalun. Sebetulnya Bendungan tersebut sudah ada sejak 2015 silam. Namun, karena dibangun didaerah resapan, membuat bendungan ini tidak pernah terisi ketika hujan, ataupun dari mata air yang ada disana.

Namun, setelah beberapa tahun dibangun, Bendungan yang memiliki potensi pariwisata menjanjikan ini akhirnya terisi juga. Namun, sebelum terisi, Masyarakat Sembalun terlebih dahulu harus merasakan pahitnya terjangan luapan air dari hebatnya hujan selama tujuh hari. Persawahan warga habis luluh lantak diterjang air dan pasir, yang berdampak pada kerugian senilai 6,5 Miliar Rupiah untuk masyarakat Sembalun.

Usai diterpa cuaca buruk selama tujuh hari, masyarakat Sembalun terutama bagi mereka yang menggilai pariwisata, mendapatkan sedikit berkah. Bendungan Rante Mas terisi penuh. Sebuah fenomena yang dipercaya hanya akan terjadi lima tahun sekali.

Ini menjadi kunjungan saya yang ketiga kalinya. Dua kali saya mengunjungi Rante Mas, saya mendapati Bendungan yang masih kosong melompong. Ya hanya tersisi lima persennya saja, atau mungkin kurang.

Ternyata untuk mengunjungi Rante Mas, saya tidak bisa mengendarai motor seluwes atau selancar dua kunjungan sebelumnya. Ternyata jalan usaha tani yang kami lewati (tepat dibawah bukit Selong), mengalami penyempitan dan kerusakan yang cukup lumayan. Hal ini diakibatkan oleh longsornya beberapa titik di pinggir jalan, hingga menutupi jalan usaha tani milik masyarakat. Sekitar satu setengah kilo meter dari bukit Selong, sampilah kami di Pertigaan memasuki Bendungan Rante Mas. Beberapa bulan lalu, saya dengan lancar mengendarai motor  menuju ke bendungan dari titik ini. Namun kali ini, jalan tersebut berubah menjadi sungai. Kekuatan air memang mengerikan kawan. Kami pun terpaksa berjalan kaki, dan melewati jalanan berkerikil yang lumayan menguras tenaga,

Ketika sampai, panorama yang disuguhkan oleh bendungan rante mas, dari lima persen menjadi 100 %. Cakep, menenangkan, dan menyejukkan. Background bukit anak dara, sudah biasa bagi saya, yang keren adalah bendungan ini menghadap langsung ke Bukit Pergasingan dan langit biru yang berpapasan dengan cakrawala. Saya bisa membayangkan bagaimana rasanya sunset-an di tempat ini. Dijamin mantab.

Hanya datang menikmati pemandangan. yaaa sah-sah saja. Lalu bagaimanan dengan renang dan bermain air ?  Tentu bagi kalian yang tidak bisa berenang, tidak saya rekomendasikan sama sekali. Kedalamannya 15 meter, atau mungkin lebih. Tapi jangan khawatir karena pengelola pariwisata Sembalun telah mengambil ancang-ancang dengan menyediakan penyewaan ban bekas untuk digunakan sebagai alat untuk mengarungi Bendungan Rante Mas ini. Air yang sejuk nan menyegarkan pun membuat suasana di tempat ini menjadi luar biasa mantab.

Bagaimana  ? tertarik berwisata ke Bendungan Rante Mas ?

Sekedar informasi saja, karena bendungan ini dibangun di tempat yang memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi, maka tidak ada jaminan bendungan ini akan bertahan lama. Jadi, kunjungannya jangan ditunda-tunda ya kawan.

Bendungan Rante Mas

Wisatawan Melihat Keindahan Rante Mas dibawah Bukit Bidara

Tim Empes

Pesona Bendungan Rante Mas

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

Pantai Batu Dagong