BALAP PERAHU NELAYAN TANJUNG LUAR

Balap perahu nelayan, mungkin sebagian orang di Lombok tidak pernah mengetahui akan hal tersebut, balap Moto GP, F1, hingga balap lari, mungkin jauh lebih diketahui oleh masyarakat. Namun tahukah anda, jika di Lombok, tepatnya di desa Tanjung Luar, kecamatan Keruak, ada kejuaraan balap perahu nelayan. Mungkin terdengar asing namun, kejuaraan ini benar adanya.



Beberapa waktu lalu, dalam rangka memperingati 71 tahun kemerdekaan republik indonesia, masyarakat Tanjung Luar bersama DANDIM 1615 Lotim, mengadakan balap perahu nelayan. diikuti oleh puluhan nelayan setempat, kejuaraan tersebut berlangsung begitu meriah. Masyarakat, TNI, dan sejumlah siswa siswi sekolah setempat tumpah ruah di pinggir pantai guna menyaksikan balapan.

Disampaikan DANDIM 1615 LOTIM letkol Mustofa, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menarik wisatawan. Namun, ia menghimbau untuk masyarakat menjaga kebersihan pantai. Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat.

Dalam jalannya Balapan, para pembalap yang terdiri dari tiga sampan, yang ditunggangi masing-masing seorang joki, melakukan start di bibir pantai. Usai hitung mundur dilakukan, para pembalap langsung menggeber sampan mereka, menuju bendera yang diapungkan sejauh satu mil dari lepas pantai. Setelah menemnui  bendera tersebut, para pembalap kemudian berbalik, dan berusaha sebaik mungkin untuk menyentuh garis finish di bibir pantai terlebih dahulu.

Panitia menyiapkan hadiah berupa mesin kapal, dan TV berwarna bagi para juara. Meski tidak seberapa, melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat nelayan Tanjung Luar. Selain itu, dikemudian hari kegiatan ini mampu untuk terus dikembangkan, dan mampu meningkatkan geliat pariwisata Tanjung Luar, dan Lombok secara umum.

LOMBA BALAP SAMPAN

Comments

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK