Pantai Sungkun, Ada Kura-Kura Raksasa Disana

Delapan kali berkunjung ke tempat tersebut, merupakan sebuah gambaran betapa kerennya tempat ini. Pasir putih, ombak yang besar, air laut yang jernih, susana tenang dan ada Gili Tengek , yang sepintas menyerupai kura-kura disana, membuat siapapun pasti ingin balik lagi, lagi dan lagi ke tempat ini. Inilah Pantai Sungkun, atau Pantai Kura-Kura, yang terletak di desa Ekas Buana kecamatan Jrowaru Lombok Timur.

Pantai Sungkun

Akhir-akhir ini, Pantai Sungkun mengalami peningkatan jumlah kunjungan. Padahal 2013 silam, saat saya pertama kali saya menginjakkan kaki di tempat ini, suasana sepi, sunyi dan senyap masih sangat terasa. Hanya terdengar suara ombak, angin, dan nyanyian rerumputan yang tertiup. Berpikir kenapa sepi, tentu bagi yang pertama kali mengunjungi tempat ini pasti akan langsung tahu kenapa. Ya, karena akses menuju pantai terbilang cukup melelahkan. Jalanan yang masih sangat berdebu, yang lantas berubah menjadi medan yang super menyulitkan ketika terkena air hujan, membuat sebagian orang enggan menuju tempat ini.Selain itu faktor promosi yang terbilang minim membuat banyak yang belum tahu tempat sekeren Pantai Sungkun, yang secara letak berdekatan dengan pantai Surga, Pantai Kaliantan dan Batu Dagong.

Untuk menuju ke Pantai Sungkun, anda bisa melalui Kecamatan Keruak, bias diakses dari Selong Lombok Timur, maupun Mataram, dan Praya Lombok Barat. Jika dari Mataram anda membutuhkan waktu 2,5 jam menuju Sungkun. Sesampainya di Keruak, anda lantas melanjutkan perjalanan ke kecamatan Jrowaru, melalui pertigaan yang terletak 500 meter sebelum pasar Keruak, jika perjalanan anda dari wilayah barat (Mataram, Praya). Beberapa kilometer kemudian, anda akan menemui pertigaan pasar Jor. Arahkan kendaraan anda untuk belok kanan, beberapa kilometer anda menemukan pertigaan lagi. Lalu belok kiri, dan arahkan kendaraan lurus hingga pertigaan desa Pemongkong. Di papan petunjuk anda diberikan pilihan, lurus ke kaliantan, belok ke Ekas. Pilih jalan ke Ekas Buana. Sesampai di Ekas, ada pertigaan, ambil belok kiri. Setelah itu, anda akan menemukan pertigaan yang cukup besar, arahkanlah mobil atau motor ke Jalan berdebu nan sulit tersebut. Disana anda akan menemukan perkampungan warga, villa, dan jalan ke pantai Haven Planet. Terus Lurus hingga jalanan di balik bukit. Lalu anda akan menemukan tanda pantai Kura-Kura (Pantai Sungkun). Dibalik semak belukar inilah anda akan menemukan Pantai Sungkun. Disana ada remaja setempat yang menawarkan jasa parkir. Alangkah lebihbaiknya jika anda parkir disana, untuk menjaga keamanan barang bawaan. Tidak lupa bagi yang membawa motor dan mobil menambahkan perangkat keamanan kendaraan, karena tempat tersebut masih sangat sepi.

Disinilah keindahan dari salah satu mutiara di Lombok Timur bisa anda nikmati. Pantai Sungkun, pesona tiada tara Lombok Timur.Anda bisa berenang, berphoto ria, bermain pasir, bermain ombak, dan "jangan pacaran sembarangan" hahahaha

Selamat berlibur






Comments

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK