TELAWAS, SURGA TERSEMBUNYI DIBALIK KEPOPULERAN SEMETI

Siapa yang tidak mengenal pantai Semeti, pantai yang sejak beberapa tahun lalu perlahan tapi pasti mulai menyita perhatian dari wisatawan baik dari mancanegara maupun lokal. Pantai Semeti merupakan panai pasir putih dan bebatuan yang tersusun menjadi sebuah bukit. Warnanya yang hitam eksotis membuat mayarakat sangat menyukai pantai yang terletrak di desa Mekar Sari kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini.

Namun selain Pantai Semeti, hanya berjarak 100 meter di sisi timur pantai, dan berada di balik bukit yang menjulang tinggi, ternyata tersimpan sebuah serpihan surga kesasar, berupa pantai yang sangat mempesona. Yah, itu saya ketahui dari internet, padahal sudah tiga kali bermain ke pantai Semeti.

Benar saja, saya pun memutuskan untuk menuju pantai ini. Meski di PHP beberapa teman yang niatnya mau mengikuti saya ke pantai tersebut, namun batal, saya tetap tidak mengurungkan niat. Dari Lombok Timur, dengan sedikit kenekatan Telawas akan coba saya terabas.

Usai perjalanan selama kurang lebih satu jam, tibalah saya di sebuah rumah , yang terletak kira-kira 100 meter dari bibir pantai Semeti. Untuk menuju kesana, anda hanya perlu belok kiri ke jalan setapak, yang terletak 10 meter sebelum bibir pantai Semeti. Memarki motor disana, petualangan menuju pantai ini dimulai.

Boom, pemandangan yang disajikan di gerbang memasuki pantrai berupa himpitan bukit sangat luar biasa. Memiliki bentuk batuan yang sama seperti Semeti dengan intensitas lebih banyak dan eksotis, membuat Telawas seperti negara luar, atau bahkan pelanet luar. Eksotis dan sedikit misterius. Ditambah terpaan ombak yang cukup keras, membuat apa yang disajikan pantai ini begitu keren dan luar biasa.

Yang membuat saya sangat menyukai Telawas adalah banyaknya gili kecil di 100 meter dari bibir pantai berbatu ini. Sekilas seperti di Raja Ampat Papua. Ini adalah nilai jual dari Telawas, perfecto.

Tidak puas dengan pemandangan dari bibir pantai, mendaki bukit untuk menikmati landscape Telawas adalah pilihan yang tepat. Untuk melakukannya kalian harus berjalan sejauh 200 mter menuju ke timur, dan menjumpai pantai sepi berpasir putih  bernama pantai Munah. Nah, bukit di pinggir pantai setinggi 30 meter bisa kalian daki disana, meski sedikit melelahkan dan merepotkan lantaran banyak pandan berduri disana.

Benar saja, pemandangan dari atas bukit begitu "Bintang Lima" , mempesona dan luar biasa.

Telawas, memang surga tersembunyi di balik kepopuleran pantai Semeti. Tertarik mengunjungi ?




Pantai Telawas, istimewa

Pantai Telawas Berbatu

Bebatuan Pantai Telawasa

Sempeti Narsis

Surga Tersembunyi, Pantai Munah


Comments

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK