SUNSETAN DI BENDUNGAN RAKSASA DAM PANDAN DURI

Kadang tempat biasa dengan beberapa kondisi atau suasana bisa berubah menjadi tempat luar biasa, meskipun wilayah tersebut bukan tempat yang diperuntukkan untuk lokasi wisata. Suasana yang mampu merubah kondisi tersebut antara lain adalah cahaya matahari, kuliner, hingga aktivitas masyarakat yang ada disana. Kita tau betul, aktivitas masyarakat Pringgarata Lombok Tengah yang memanfaatkan saluran Irigasi sebagai prosotan bisa benar-benar boomin dan diliput media nasional, adapun Bendungan Rante Mas Sembalun Lawang, yang berubah menjadi Primadona lantaran hujan lebat yang mengguyurSembalun selama tujuh hari.

Nah selain tempat tersebut, di Lombok Timur terdapat Bendungan Raksasa seluas 400 hektar, yang sebenarnya diperuntukkan untuk mengairi sawah masyarakat Lombok Timur bagian selatan, berubah menjadi salah satu spot terbaik untuk berekreasi. 

Dengan luas 400 hektar memang wajar jika bendungan yang mencaplok sejumlah desa di tiga kecamatan ini bisa menjadi daya tarik warga untuk berkunjung dan menikmati suasana bendungan. Sebagian wilayah Bendungan Raksasa Dam Pandan Duri terletak di Kecamatan Terara, sedikit menyentuh desa Semaya Kecamatan Sikur, dan sisi selatannya berbatasan dengan Kecamatan Sakra. 

Namun ada hal lain yang membuat Bendungan Raksasa yang dihajatkan sejak tahun 1950 ini bisa menjadi Primadona baru bagi para pecinta Jalan-Jalan. Ialah "SUNSET-an di Bendungan" . Kondisi bendungan yang luas dan banyak dikelilingi oleh gundukan tanah yang meninggi layaknya bukit membuat Bendungan Dam Pandan Duri menjadi lokasi yang pas buat menikmati Sunset. Ketika matahari sudah mendekati ufuk, Pandan Duri yang sebenarnya hanya sebuah bendungan berubah menjadi lokasi rekreasi mempesona. 

Bukan hanya saya yang mampu terkesima dengan pemandangan di bendungan tersebut, melainkan ratusan orang, mulai yang datang bersama teman, keluarga, hingga kekasih, menikmati suasana sore di bendungan dam Pandan Duri.

Bagi masyarakat Lombok Timur, yang jutru lebih akrab dengan pemandangan Sunrise Labuhan Haji, kini anda tidak perlu susah untuk mencari lokasi sunset. Ialah Bendungan Dam Padan Duri, Kecamatan Terara, yang bisa menjadi alternatif anda.

Namun perlu menjadi perhatian kita bersama, ketika mulai banyak yang mengunjungi, tidak diimbangi dengan perilaku sadar kebersihan masyarakat. Dibeberapa titik sampah bertebaran, dan menimbulkan bau yang cukup menyengat. Selain itu banyak dikeluhkan masyarakat, jika di jalan raya pinggir dam, sering terjadi kasus pembegalan. Tentu seindah dan sebagus apapun pariwisata Lombok Timur tidak akan pernah berhasil jika keamanan daerahnya masih dipertanyakan oleh orang banyak.

Cahaya Matahari Membuat Perpaduan Langit Dan Air Terasa Istimewa

Sunset

Para Pemburu Sunset

Aktivitas Tak Kenal Lelah Nelayan Pandan Duri

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK