PESONA INDAH DESA SERIWE, INGIN DIKEMBANGKAN PEMERINTAH DESA

Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru merupakan salah satu desa yang kaya dengan potensi bahari. Sadar akan hal tersebut, Pemdes Seriwe ingin mengangkat tiga objek pariwisata baru, yakni wisata mangrove, embung dan pantai.

Pantai Ujung Mas



Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru, dikenal sebagai desa dengan potensi bahari yang begitu memukau. Pemandangan pantai Kaliantannya dan pantai Cemara sudah tersohor hingga ke mancanegara. Namun, selain Kaliantan dan Pantai Cemara, Desa Seriwe juga memiliki sejumlah objek pariwisata, yang rencananya akan dikelola sendiri oleh pemerintah desa. Sebanyak tiga objek wisata, yakni wisata mangrove bendungan dan pantai masuk kedalam rencana pengembangan pemerintah Desa Seriwe.


Dijelaskan Kades Seriwe Hudayana, yang pada kesempatan tersebut mendampingi kami melihat potensi desanya, objek wisata pertama yang ingin dikembangkan adalah wisata mangrove. Terletak di sebelah timur Pantai Cemara, terdapat kawasan hutan bakau yang juga berbatasan dengan perkampungan nelayan setempat. Di area ini pemdes ingin membangun jembatan evakuasi sekaligus objek wisata, yang nantinya bisa dikunjungi oleh wisatawan. Lestarinya hutan bakau di Seriwe, ditunjang dengan jernihnya air laut yang masuk ke kawasan bakau tersebut, dapat menjadi nilai plus wisata mangrove jika nantinya benar-benar direalisasikan.

hutan mangrove Seriwe

hutan mangrove seriwe 



Objek wisata selanjutnya yang ingin dikembangkan pemdes ialah bendungan Bedah Embung, sebuah bendungan seluas 30 hektar yang terletak berseblahan dengan garis pantai di desa tersebut.


Pemdes berencana untuk menata bendungan ini, dengan membuat lokasi bersantai wisatawan, sekaligus lokasi dijajakannya  kuliner-kuliner khas masyarakat setempat sekaligus lokasi berswafoto. Jernihnya air bendungan tadah hujan tersebut dengan landscape perbukitan yang cantik, dipercaya dapat menarik wisatawan berkunjung ke bendungan Bedah Embung ini.

Bendungan Bedah Embung

Kawanan Kerbau Yang Berendam di Bendungan



Tidak jauh dari  bendungan terdapat pantai yang ingin dikelola sendiri oleh pemdes. Nama pantai ini adalah Pantai Ujung Mas. Berseblahan dengan pantai Sapah Nae dan Kaliantan, view yang didapatkan pantai ini tidak kalah memukau.  Laut yang bersih dengan bentangan pasir putih yang luas membuat Pantai Ujung Mas layak diperhitungkan sebagai objek wisata andalan Desa Seriwe disamping Kaliantan maupun Cemara, yang kini dikelola oleh investor.

Rencananya di pantai ini pemdes akan membangun gazebo dan tempat berjemur wisatawan. dengan landscape yang memukau juga bisa tentu bisa membuat siapapun betah di pantai ini. 

Pantai Ujung Mas

Duduk di bukit Ujung Mas



Hanya saja untuk saat ini, usaha dari pemdes untuk membenahi potensi wisata desa seriwe ini, masih terkendala dengan dipotongnya anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Untuk itu pengembangan tiga objek ini belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.


Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Seriwe? namun perlu diketahui, jika untuk saat ini pemdes belum menyarankan wisatawan untuk berkunjung ke desanya guna mencegah penyebaran virus Covid-19. 



Comments

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

Pantai Batu Dagong