TANJUNG RINGGIT, PESONA SUDUT TENGGARA LOMBOK TIMUR

Lombok Timur bagian selatan hingga tenggara, memang sudah menjadi rahasia umum, memiliki keindahan pesona pantai yang begitu memukau, dan memanjakan mata. Selain Pantai Pink, Sungkun, Cemara, hingga Ekas, bagian Tenggara Gumi Patuh Karya, juga memiliki objek wisata super memukau lainnya. Namanya adalah Tanjung Ringgit.
Tanjung Ringgit


Berada di Dusun Temeak, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Tanjung Ringgit terpisah sejauh kira-kira 85 Kilometer dari Kota Mataram, dan sekitar 45 km dari Kota Selong. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menggunakan sepeda motor atau mobil sewa, karena tidak ada akses kendaraan umum yang menuju ke Tanjung Ringgit. Namun letaknya yang cukup jauh membuat Tanjung Ringgit Lombok Timur ini jarang dikenal oleh Wisatawan. Palingan mereka hanya mentok hingga pantai Tangsi saja. Jadi, bermain di Tanjung Ringgit layaknya bermain di Tanjung Pribadi.
Tanjung Ringgit(2)


Tanjung Ringgit, seolah menjadi lokasi wisata yang lengkap rasanya. Pengetahuan Sejarah dan View Landscape tebing tinggi yang menjorok ke lautan bisa kita dapatkan di tempat terpojok Lombok Timur ini. Mulai dari meriam peninggalan Jepang, hingga goa jepang, ada di Tanjung Ringgit. Yang palin menantang tentu saja memasuki goa raksasa peninggalan Jepang tersebut. Dari bibir goa hingga ke ujung goa memang hanya sekitar 20 meter saja. Namun, kalian akan merasakan sensasi yang begitu luar biasa. Ada puluhan ribu kelelawar menggelantung di ujung goa. Hal ini tentu membuat bulu kuduk kalian meriding, melihat kekelawar-kelelawar tersebut seliweran diatas kepala kalian. Dulunya tempat ini dijadikan oleh Jepang sebagai markas ketika berperang melawan tentara sekutu pada PD II.

Meriah peninggalan jepang

Selain kelelawar, diujung goa, terdapat mata air tawar. Tentu tidak bisa di konsumsi karena koloni kelelawar tersebut bersarang tepat diatasnya. Sayangnya, karena goa ini sering dijadikan sebagai lokasi menginap bagi mereka yang suka memancing, atau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan dunia mistis, sampah banyak mengapung diatas mata air tersebut. 

Selain spesies kelelawar, ada jutaan kecoa di dalam goa ini, maka berhati-hatilah. Adapun Ular Piton raksasa, tikus dan sejumlah spesies hewan lainnya. Beruntung saya tidak bertemu dengan hewan tersebut.
Goa Kelelawar
Selain menikmati sensasi masuk goa, seperti yang kita ketahui, pemandangan Tanjung Ringgit sangat luarbiasa. Jernihnya air, kerasnya ombak yang membentur dinding tebing pantai, membuat siapapun pasti menikmati Tanjung Ringgit sebagai salah satu destinasi wisata favorit mereka. Tak hanya itu, bagi mereka yang gemar photographi, Tanjung Ringgit adalah surga bagi mereka. Semua sisi dapat diabadikan, dan dijadikan sebagai objek photo memukau.

Untuk memasuki kawasan Tanjung Ringgit kalian hanya perlu membayar tiket Rp 5000,- per motor. Tidak mahal bukan ?

Spot Photo Tj. Ringgit
Spot Photo Tj. Ringgit(2)

Jadi siapkan diri dan kendaraan kalian masing-masing, untuk berwisata ke Tanjung Ringgit, "Pesona di Sudut Tenggara Lombok Timur".

Comments

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK