SEPENCOLET, KOLAM ALAM PARA JOMBLO

Lombok, dikenal sebagai pulau yang memiliki garis pantai yang begitu memukau, beragam dan seperti biasa, memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Boleh dibilang pantai-pantai di Lombok selalu memberikan cerita yang berbeda satu sama lain. Nah kali ini saya ingin bercerita tentang "Sepencolet" surga tersembunyi di Pantai Antak-Antak, desa Sekaroh kecamatan Jerowaru.

Sepencolet. foto karya Surya Sriyama

Sepencolet, nama yang unik, nama yang sudah dipastikan bukan karya pariwisata. Nama yang berarti "hanya sedikit" dalam bahasa Indonesia. Nama ini sudah jelas karya masyarakat lokal, masyarakat dusun Ketangga, desa Sekaroh. Sebuah dusun yang terletak cukup jauh dari peradaban, sangat pelosok dan melelahkan untuk menjangkaunya.

Sepencolet adalah sebuah laguna di pantai yang sepenuhnya berbatu. Laguna ini terisi oleh air laut yang pasang. Dengan ukuran kolam kurang lebih 7x15 meter dengan kedalaman satu setengah meter, membuat sepencolet menjadi kreasi alam yang begitu memukau. Didukung dengan background yang sangat indah dan aneka satwa laut yang terjebak disana, berendam di Sepencolet menjadi pilihan yang tepat, ketika berkunjung ke baris pantai Antak-Antak desa Sekaroh ini.

sepencolet. foto karya Agus Salim

Jalur menuju Sepencolet sama seperti jalur menuju ke Pantai Pink. Namun, kalian harus memilih jalan menuju kawasan hutan Sekaroh, kurang lebih 200 meter sebelum pertigaan Pantai Pink dengan Pantai Segui. Setelah belok kanan, teman-teman kemudian akan menyusuri hutan pohon sengon sejauh satu kilo meter. Setelahnya kalian akan menemukan persimpangan jalan. Belok kananlah, dan lurus menuju ke perkampungan dusun Ketangga. Disini kalian bisa bertanya langsung ke masyarakat, dari mana jalur menuju ke Sepencolet dan Antak-Antak. Tempat ini terkenal sebagai lokasi mengambil air tawar di tebing. Oya, jalur ini kurang direkomendasikan jika kalian menggunakan mobil, atau motor yang kondisinya kurang baik. Apalagi kalau tiba musim penghujan, atau musim kering. Antara menjumpai jalanan becek, atau kering berdebu.

Seperti apa jalurnya kalian bisa melihatnya disini Berita Mengambil Air di Tebing Antak-Antak

Setelah menaruh motor di rumah warga, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Sepencolet. dari rumah terdekat jaraknya kurang lebih 300 meter. 

Setibanya disana, kalian akan disambut oleh deburan ombak yang besar, dengan pantai batuan berkarang. Disini kalian akan menjumpai laguna yang disebut Sepencolet. Segarnya air laut yang terjebak di dalam laguna ditambah banyaknya satwa laut yang terjebak disana, nampak sayang untuk dilewatkan. 



Meski pemandangan yang disajikan begitu indah, laguna dan pantai Antak-Antak boleh dibilang tidak memiliki pengunjung selain kami. Sepi, sunyi, kosong, seperti hati mu..
Pantai ini memang sangat cocok bagi kalian para fakir asmara, jomblo. Tidak akan terganggu dengan bisingnya suara mesin serta hiruk pikuk kehidupan, di sini kalian justru lebih banyak dimanja dengan alunan musik alam. Seperti ombak, angin dan kesejukan air.

Sepencolet, surga tersembunyi milik Lombok Timur.

tidak ngambang

Ngambang

ngambang

ngambang


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

Pantai Batu Dagong