GUNUNG KUKUS, OBATI RINDU NAIK GUNUNG

Ditutupnya jalur pendakian Rinjani sampai waktu yang tidak ditentukan, serta sejumlah bukit di Sembalun, yang juga ditutup dari aktivitas pariwisata, membuat mereka yang suka bermain diatas ketinggian (bukan terbang), kebingungan memilih tempat yang asik untuk merasakan sensasi sejuknya alam pegunungan, yang ditempuh dengan melakukan aktivitas tracking.
Gunung Kukus 


Nah, untuk mengobati kerinduan tersebut, ada salah satu tempat yang terletak di desa Jurit Baru kecamatan Pringgasela, kabupaten Lombok Timur, yang sepertinya cocok untuk kalian yang rindu melakukan tracking dan menikmati suasana sejuk Taman Nasional Gunung Rinjani. Inilah Gunung Kukus, sebuah gunung yang berada di lereng Gunung Rinjani, dengan ketinggian kurang lebih 900-1000 Mdpl.

Untuk menuju ke Gunung Kukus, kalian bisa melewati desa Lendang Nangka, atau desa Pengadangan, dengan cek poin di Dusun Dasan Paok, Desa Jurit Baru. Selanjutnya, dengan petunjuk warga setempat, atau pihak TNGR yang ditemui di pusat desa Jurit Baru, kalian bisa menuju ke lokasi treking melewati jalan tanah, dengan sepeda motor. Kondisi jalan kurang bagus, jadi kalian harus berhati-hati.

Tiba dilokasi treking, kalian akan disambut oleh kupu-kupu raksasa, tentu bukan kupu-kupu asli. Dari sini kalian akan berjalan mengikuti jalan setapak. Kalian juga harus jeli, karena bisa jadi tersesat, jika salah mengikuti jalan setapak. Untuk mengantisipasinya, tentu terlebih dahulu harus bertanya kepada warga yang kebetulan disana sedang mencari rumput untuk ternak mereka. Trek menuju gunung Kukus tidak terlalu terjal dan menguras tenaga, jadi kalian tidak perlu takut untuk kelelahan.

Menjelang puncak Gunung Kukus, kalian bisa menemukan cukup banyak rumah pohon, yang menjadi lokasi berselfie ria. Namun kami sendiri melewatkannya, karena puncak adalah tujuan kami. Hingga akhirnya, setelah 45 menit berjalan kaki, sampailah kami di puncak Gunung Kukus.

Pemandangan disini cukup indah. Kami disambut dua reflika kupu-kupu raksasa, dan rumah pohon. Suasana sejuk alam gunung Rinjani, dan pemandangan wilayah selatan pulau Lombok membuat suasana kerinduan akan indahnya ketinggian akhirnya bisa terbayarkan. Puncaknya yang tidak terlalu luas, membuat para pengunjung bisa merasakan setiap jengkal pemandangan disana.


Meski demikian, keberadaan Kupu-Kupu Raksasa sepertinya bisa dihilangkan, karena seidikit menghalangi pemandangan utama gunung Kukus.

kupu-kupu reflika

Tepat disisi utara, Gunung Rinjani berdiri besar dan gagah, meski sayang sekali tertutup awan. Disisi timur dan barat, sauasana hutan hujan tropis cukup untuk membuat suasana hati menjadi tenang. Dan dibagian tenggara, selatan, hingga barat daya, pemandangan bagian selatan pulau Lombok bisa kalian nikmati sepenuhnya.
trek pendakian


Gunung Kukus, obati rindu naik Gunung.

Hapean diatas Gunung

Puncak Gunung Kukus

Enjoy



sisi barat

Itu dia foto-foto Gunung Kukus, dan saya mengucapkan selamat berlibur ria.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK