PESONA KEINDAHAN NIRWANA POINT, TWA GUNUNG TUNAK

Tidak diragukan lagi, setiap sudut di Pulau Lombok memiliki kindahan serta ciri khas tersendiri. Karena keindahannya itu, tidak jarang wisatawan menjuluki spot-spot tersebut sebagai The Hidden Paradise. Salah satunya adalah pesona keindahaan Nirwana Jumpcliff Point, atau dikenal masyarakat setempat dengan nama Bukit Merang. Terletak jauh di pedalaman taman wisata alam Gunung Tunak, yang terletak di desa Bumbang, kecamatan Pujut Lombok Tengah.
Pemandangan Nirwana Point

Beberapa tahun belakangan, TWA Gunung Tunak, memang lagi nge-hits, dikalangan pecinta pantai, dan pecinta liburan di Pulau Lombok bahkan Indonesia. Bahkan salah satu program Televisi tersohor dari salah satu stasiun tv raksasa di Indonesia pun pernah melakukan shooting disini. Siapa sih yang gak kenal My Trip My Adventure ?

Keindahan Pantai Bilasayaknya memang menjadi daya tarik utama kawasan ini. Namun, justru dibalik lebatnya hutan hujan tropis TWA Gunung Tunak justru banyak spot-spot yang sangat berpotensi membuat kalian berdecak kagum akan keindahan ciptaan yang kuasa. Salah satunya adalah Nirwana Jumpcliff Point, TWA Gunung Tunak. Tempat ini harus saya katakan sebagai tempat yang jika tidak kalian kunjungi, rugi besarlah kalian. Apalagi yang asli Lombok.

Untuk menuju ke tempat ini, dibutuhkan perjuangan yang ekstra. Seperti yang kita ketahui bersama, jalanan menuju pantai Bilasayak, dari teluk Bumbang, sangat menyedihkan. Kalau hujan berlumpur, kalau panas berdebu. Terlebih kita akan melewati hutan lebat. Yaaa bagi saya si memang perjalanan ke pantai ini agak ngeri-ngeri sedap.

Sesampai di Bilasayak, dan memarkir motor dilokasi yang disediakan oleh masyarakat yang mengelola tempat ini di pinggir pantai, kita kembali harus berjalan kaki, sekitar 20 sampai 30 menit. Menyusuri jalan setapak, yang dikelilingi rimbunnya pohon membuat petualangan terasa semakin mengesankan.

Meski sedikit melelahkan, sesampai di titik mempesona tersebut, pemandangan yang disuguhkan langsung membuat saya dan mungkin rekan-rekan saya berdecak kagum. Landscape yang disajikan, membuat siapapun akan betah berdiam diri disini, saya pastikan itu. Barisan bukit nan hijau, yang berdiri kokoh dan menjorok ke lautan samudera Indonesia, biru dan jernihnya laut menjadi panorama yang disajikan disini. Keaneka ragaman Flora dan Fauna pun bisa disaksikan. Termasuk salah satu reptil langka Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Saya merasa sangat beruntung bisa menemukan salah satu hewan dilindungi tersebut berenang di lautan Nirwana Point.

Meski pemandangan disini sangat memanjakan mata, namun tidak banyak wisatawan yang kami temukan. Mungkin hal ini karena tidak ada penunjuk jalan menuju lokasi wisata.

Karena nama Spot ini adalah Nirwana Jumpcliff Poin, maka selain menikmati pemandangan alam dan bahari, disini kita juga bisa merasakan sensasi melompat dari atas tebing setinggi kurang lebih 12 meter. Namun kalian harus berhati-hati karena sewaktu-waktu, ombak yang cukup besar bisa menghempaskan kalian, dan hal ini sangat berbahaya. Selain itu, kita juga harus hati-hati dengan bebatuan di pinggir tebing. Rata-rata permukaan tebing dihiasi dengan bebatuan karang yang tajam. Kaki saya pun terluka akibat benturan dengan tebing tersebut ketika menjoba naik dari permukaan air.

Nahhh, bagaimana teman-teman, apakah nirwana jumpcliff Point ini sudah masuk kedalam buku lokasi wisata selanjutnya  ?? Pasti dong.

Lokasi Cliff Jumping

Perpaduan yang Mantab

Guide Lokal Gila

Nirwana Jumpcliff Point


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK