KENAPA HARUS KE "LOMBOK TIMUR " ?


Lombok adalah pulau yang terdiri dari lima Kabupaten & Kota. Kelima kabupaten tersebut memiliki cirikhas masing-masing, yang tentu sulit untuk dilewatkan oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Mataram dengan hiruk pikuk gemerlap perkotaan, dan wisata Kota Tuanya, Lombok Utara dengan tiga gili dan sejumlah air terjun menawannya, Lombok Barat dengan kealamian pantai yang dimiliki. Serta Lombok Tengah, sebagai kabupaten dengan perkembangan pariwisata paling pesat di Gumi Selaparang, dengan sejumlah inovasi dan trobosan apik pemerintahnya.
Boleh dibilang, kelima kabupaten & kota ini merupakan wilayah dengan perkembangan pariwisata paling menonjol di Pulau Lombok, dibandingkan dengan satu kabupaten yang akan kami sajikan ini. Ya, Lombok Timur.
Pesona Lombok Timur

Keputusan pemerintah daerah mengembangkan Pariwisata di Lombok Timur, sebagai pariwisata berbasis kemasyarakatan tentu memiliki nilai positif dan negatif. Sisi negatifnya, investor luar tentu sedikit sulit mengembangkan geliat perekonomian mereka, yang berdampak pada sedikit lesunya sektor pariwisata, namun sisi positifnya ialah, masyarakat mampu dengan leluasa mengembang potensi pariwisata disana. Hal ini berdampak pada menjamurnya kelompok sadar wisata di Gumi Patuh Karya Lombok Timur ini. 
Belum maksimalnya pengelolaan pariwisata di Lombok Timur, membuat lokasi wisata di kabupaten ini sedikit kurang populer, meski secara pesona tidak kalah dengan wilayah lain. Nah, maka dari itu, kami akan menyajikan kepada kalian tentang “kenapa sih harus ke Lombok timur ? “

Lombok Timur boleh dibilang kabupaten yang lengkap. Wisata alam dan wisata bahari wilayah terpadat di NTB ini sama-sama memiliki daya tarik yang begitu memukau. Saking banyaknya, sebagian besar masih belum dikenal oleh banyak orang. Nah disini kami akan menyajikan sejumlah objek wisata “tak terkenal tapi memukau” di Kabupaten Lombok Timur.

      1.      Bukit Anak dara
Sepasang Suami Istri menikmati pemandangan Anak Dara


Mendengar nama bukit yang satu ini tentu banyak yang bertanya, “Dimana Bukit Anak dara? “. Meski berada di Sembalun, namun nama Bukit Anak Dara masih jauh dari nama populer dibanding Nanggi, dan Bukit Pergasingan. 

Banyaknya isu mistik dan klenik di bukit ini menjadi penyebabnya. Padahal setelah di buka pada tahun 2015 lalu sebagai lokasi pendakian, bukit ini terbukti hadir sebagai bukit dengan pemandangan paling menakjubkan. View 360 drajat dapat kita nikmati. Berada diatasnya sungguh merupakan sebuah berkah yang luar biasa. 
Sunrise Anak Dara


    
     2.    Perosotan Alam Seleong


Pada era 1990-2000-an banyak diantara kita yang tentu saja menyukai momen bermain di sungai bukan ? Air yang jernih dan deras membuat anak-anak pada era tersebut sangat menikmati masa kecil mereka. Terlebih jika ada perosotan alam disana. 

Siap Meluncur

Serunya bermain di prosotan alam Seleong


Nah, hal tersebut saat ini masih bisa dinikmati di Lombok Timur. Namun, bukan di wahanan perosotan konvensional, melainkan merasakannya langsung di alam pegunungan. Tepatnya di desa Timba Nuh, kecamatan Pringgasela Lombok Timur. Ialah Perosotan Alam Seleong. Perosotan yang sebenarnya aliran sungai dari air terjun Semporonan ini memang pas buat mengenang masa kecil. Derasnya air yang masih jernih, licinnya bebatuan, bisa membuat kalian semua menikmati masa kecil dengan bermain prosotan sejauh 12 meter. Saat ini, pokdarwis setempat sedang bnerusaha membenahi tempat ini, dengan menyediakan alat-alat keselamatan seperti helmet dan sejumlah pelindung tubuh lainnya, supaya mampu dinikmati siapapun.

byuurr


3.    Tetebatu
Tetebatu memang Nyaman

Desa Tetebatu ? Mungkin tempat ini sudah cukup populer di kalangan wisatwan mancanegara. Desa Tetebatu terletak di kecamatan Sikur. Berada dibawah gunung Rinjani memastikan Tetebatu hadir sebagai desa yang sejuk dan menawarkan banyak spot wisata alam disana. Menfaatkan potensi tersebut, para pegiat pariwisata di tempat ini banyak menawarkan jasa penginapan berupa villa, maupun hotel. Bukan penginapan moderen, melainkan penginapan yang unik, dengan beragam bentuk yang menarik. 


Monkey Forest


      Monkey Forest salah satunya. Dengan bentuk yang unik dan menarik, pengelola wisata menawarkan sebuah pengalaman menarik menginap di rumah mini, yang sepenuhnya terbuat bambu dan jerami. Rata-rata penginapan di Tetebatu mematok tarif Rp 150.000 - Rp. 400.000,- rupiah.
          
4.    Pesona Barisan Pantai di kecamatan Jerowaru
Pantai Surga



Kecamatan Jrowaru merupakan kecamatan paling selatan Lombok Timur. Karena jauh dari pusat perekonomian membuat promosi pariwisata di kecamatan ini sedikit tersendat. Padahal kecamatan Jerowaru merupakan salah satu kecamatan dengan garis pantai tercantik di Pulau Lombok. Pantai Sungkun, Pantai Brora, Pantai Surga, Pantai Pelangi, Pantai Batu Dagong, Pantai Kaliantan, Pantai Cemara, hingga Pantai populer seperti pantai Pink, terletak di kecamatan Jerowaru. Kecamatan Jerowaru.

Pesona Indah Pantai Sungkun



Itulah empat dari begitu banyak lokasi wisata di Lombok Timur, dengan pesona keindahan yang begitu menawan. Tentu dengan keindahan dan keunikan bintang lima tempat-tempat tersebut sudah sepantasnya Lombok Timur menjadi lokasi wisata yang wajib berada di daftar kunjung wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Karena Lombok Timur itu Wow. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INDAHNYA PANORAMA RINJANI DARI PUNCAK SANGKAREANG TETEBATU

USAI BENCANA, LAHIR PESONA: BENDUNGAN RANTE MAS, SEMBALUN

5 TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT MATAHARI TERBIT DAN TERBENAM DI PULAU LOMBOK